Hal Unik yang Hanya Ada di Bandung

Beberapa tahun terakhir ini, berbicara soal Bandung layaknya bicara soal taman yang dipenuhi bunga atau lapang rumput luas tempat kita mengagumi bintang di kala malam, romantis. Selalu saja ada yang menyentuh perasaan ketika mengucapkan kata itu, Bandung. Pidi Baiq berhasil merangkum pengalaman itu dalam kata: “Dan, Bandung bagiku bukan Cuma masalah Geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, di kala sunyi.” Seperti itulah Bandung.

Kota Bandung bahkan terpilih menjadi kota wisata terfavorit ke empat se-Asia setelah Bangkok, Seoul, dan Mumbai. Bandung bisa dibilang menjadi kota tujuan wisata terfavorit mengalahkan tujuan wisata lainnya di Indonesia.

Menurut survey yang digelar tahun ini, warga Kota Bandung termasuk salah satu warga kota terbahagia di Dunia. Indeks kebahagiaan rata-rata kota bandung mencapai nilai 70. Dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia nilai ini termasuk yang paling besar.

Berikut hal unik yang tentang Kota Bandung yang tidak kalian temukan di tempat lain:

1. Bus Bandros

Bus Double Decker ini menjadi salah satu ikon terbaru kota Bandung dan dengan cepat menjadi salah satu daya tarik utama wisatawan lokal ataupun mancanegara ketika lancong ke kota Bandung. Kendaraan yang asal namanya dari Bandung Tour On Bus ini memang disiapkan untuk mengantarkan turis berwisata mengelilingi Kota Bandung dengan rute yang memungkinkan wisatawan melihat landmark dan keunikan kota ini.

2. Bandung punya pahlawan: PRABU

Berbeda dari kota-kota lain, Bandung punya sosok pahlawan. Pahlawan ini disebut PRABU (Pahlawan Urang Bandung). Tugasnya apa? Tugasnya menjaga Kota Bandung agar tetap tertib, indah, dan bersih. Maka, jangan kaget ketika kalian berwisata ke kota Bandung, ada yang menegur kalau kalian buang sampah sembarangan atau melanggar lampu merah, karena Bandung dipenuhi PRABU.

3. Komunitas Kreatif yang nggak habis-habis

Kota Bandung adalah Kota Kreatif dengan budaya ngariung(berkumpul) yang kental. Nggak aneh lagi kalau di Kota Bandung ini ada banyak komunitas kreatif dengan segala potensi yang dapat dikembangkan. Suka main skateboard? Ada komunitas Skate, Suka Beatbox? Ada komunitas beatbox, Suka sejarah dan jalan-jalan? Ada komunitas Aleut, bahkan bersih-bersih kota pun ada komunitasnya! Wow!

4. Bandung surganya kuliner

Kalau mau wisata kuliner, datanglah ke Bandung. Begitu premis yang sering beredar di seantero Indonesia dan sayangnya, benar! Hanya di Bandung tempat kamu bisa menemukan makanan dari seluruh Indonesia, dari Aceh sampai Papua semua ada. Belum lagi makanan khas kota Bandung sendiri dan nama-namanya yang aneh-aneh: Cireng (aci di goreng), Cimol (aci di gemol), Gehu (Toge dan Tahu) dan masih banyak lagi, silahkan dicoba sendiri.

5. Ruang Publik yang dijaga masyarakatnya

Bila di kota-kota lain yang menegakkan aturan dan menjaga ruang publiknya adalah pemerintah setempat, di kota Bandung, ini dilakukan oleh inisiatif masyarakat. Contohnya di Cikapundung Riverspot, taman dengan Air Mancur Bermusik yang terletak di Jalan Cikapundung Timur, komunitas yang menjaganya menerapkan #ZonaKeren. Ada empat hal yang jadi konsen dari #ZonaKeren: simpan sampah di tempatnya, area bebas asap rokok, menjaga fasilitas publik, dan siap dikenakan sanksi jika melanggar sesuai dengan perda K3 yang berlaku di kota Bandung. Buat yang ngerokok jangan coba-coba melanggar yah, karena pasti ditegur atau langsung ditindak. People power, yes!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *